rajatraffic
Aneka Kuliner Tradisional Khas Indonesia yang Menggugah Selera, Wajib Coba !

Aneka Kuliner Tradisional Khas Indonesia yang Menggugah Selera, Wajib Coba !

24 Sep 2018
395x
Ditulis oleh : FDT

Indonesia merupakan negara yang memiliki keberagaman budaya yang sangat banyak dan kaya akan tradisi, budaya, sejarah dan bahasa. Keberagaman budaya tersebut menciptakan aneka kuliner khas dari daerah-daerah yang ada di Indonesia. Setiap daerah pasti memiliki makanan khas dengan cita rasa yang berbeda-beda namun tentunya sangat menggugah selera.

Banyak sekali kuliner yang ada di Indonesia menjadi primadona daerah masing-masing bahkan hingga dikenal sampai mancanegara. Beberapa kuliner khas tersebut antara lain nasi goreng, nasi campur, nasi bogana, nasi gudeg, nasi jamblang, nasi kapau, nasi krawu, nasi kuning, nasi langgi, nasi rawon, nasi uduk, nasi kebuli, nasi jagung, nasi lengko, nasi liwet, nasi tumpeng dan masih banyak kuliner khas Indonesia lainnya.

Berikut ini beberapa kuliner khas Indonesia dari berbagai daerah :

1. Nasi Bogana

Nasi bogana merupakan makanan khas Jawa Tengah tepatnya dari Tegal. Nasi bogana terdiri dari nasi, dendeng sapi, opor ayam, sambal goreng, sambal terasi dan serundeng kelapa yang kemudian di bungkus daun pisang lalu dikukus hingga matang.

2. Nadi Gudeg

Nasi gudeg berasa dari Yogyakarta. Nasi gudeg terdiri dari buah nangka muda yang dimasak menggunakan santan selama beberapa jam kemudian disajikan dengan nasi, ayam kampung, tahu, telur, sambal goreng krecek dan santan kental (areh).

3. Nasi Jamblang

Nasi jamblang berasal dari Cirebon, Jawa Barat. Nasi jamblang memiliki banyak pilihan lauk seperti ikan asin, tempe, tahu, telur goreng, telur dadar, sayur tahu, semur hati, perkedel, daging, sate kentang, sambal goreng, telur sambal goreng dan lainnya. Ciri khas nasi jamblang yaitu penyajiannya yang dibungkus menggunakan daun jati dan lauk dapat dipilih sesuai selera.

4. Nasi Kebuli

Nasi kebuli merupakan makanan khas Betawi. Nasi kebuli adalah nasi yang dimasak menggunakan bumbu kaldu kambing atau santan atau bisa juga menggunakan susu kambing. Nasi kebuli akan ditumis dengan bumbu-bumbu seperti lada hitam, cengkeh, bawang merah, kayu manis, bawang putih, kapulaga, jintan, pala dan ketumbar. Ciri khasnya yaitu nasi memiliki variasi bumbu dan disajikan dengan daging kambing dan kurma yang sudah diiris.

5. Nasi Langgi

Nasi langgi merupakan makanan khas Solo. Nasi langgi memiliki cita rasa gurih yang berasal dari santan kelapa. Lauknya terdiri dari telur dadar, kentang, serundeng, empal, mentimun, tempe kering dan lalapan.

6. Nasi Campur

Nasi campur merupakan makanan khas Indonesia yang dapat dengan mudah ditemui di berbagai daerah. Nasi campur terdiri dari nasi putih yang disajikan dengan aneka lauk pauk seperti tahu, abon, sambal goreng, ikan goreng, ayam goreng, dll.

7. Nasi Jinggo

Nasi Jinggo merupakan makanan khas Bali yang memiliki arti “seribu lima ratus”. Para pedagang akan menjual nasi jinggo seharga Rp 1.500. Tapi karena harga bahan sembako semakin naik maka nasi jinggo tidak lagi dijual seharaga Rp 1.500. Nasi jinggo memiliki lauk pauk seperti ayam suwir, serundeng dan tempe goreng.

8. Nasi Kuning

Nasi kuning merupakan makanan khas Indonesia yang cukup mudah ditemukan diberbagai daerah. Nasi kuning dibuat dari beras yang direbus bersamaan dengan kunyit, rempah-rempah dan santan. Cita rasa nasi kuning lebih gurih dari pada nasi putih. Warna kuning juga melambangkan gunung emas yang memiliki makna kemakmuran, moral luhur dan kekayaan. Biasanya nasi kuning disajikan untuk acara syukuran seperti hari kelahiran, pertunangan dan pernikahan.

9. Nasi Liwet

Nasi Liwet merupakan kuliner khas asal Solo yang memiliki tekstur agak pulen dengan rasa gurih yangberasal dari santan. Nasi liwet dimasak menggunakan cara tradisional yaitu dengan menggunakan wajan yang berasal dari tanah liat dan dibakar menggunakan kayu bakar. Nasi liwet akan dimasak setengah matang kemudian dikukus hingga matang seperti biasanya. Lauk nasi liwet yaitu telur pindang, opor ayam, ayam dan juga sayur labu yang kemudian dibungkus menggunakan daun pisang agar semakin harum.

10. Nasi Tumpeng

Nasi tumpeng adalah makanan khas Indonesia dan biasa dihidangkan pada saat perayaan penting seperti acara syukuran, ulang tahun, kelahiran anak, pernikahan, sunatan dan pertunangan. Nasi tumpeng bisa berupa nasi putih maupun nasi kuning namun biasanya berupa nasi kuning yang dibentuk menjadi kerucut hingga menyerupai gunung dengan ujung lancip yang ditaruh pada wadah yang bernama tampah.

Disamping nasi tersebut dikelilingi dengan aneka lauk pauk yang memiliki filosofi tertentu. Lauk yang dipilih biasanya adalah ikan lele, ikan teri, ayam, telur, sayuran urab, dan cabe merah. Ayam yang digunakan pada nasi tumpeng adalah ayam jago yang memiliki makna untuk menghindari sifat-sifat buruk ayam jago seperti sombong dan selalu merasa benar sendiri.

Bukan hanya ayam, terkadang ada pula nasi tumpeng yang dilengkapi menu ikan lele. Ikan lele menjadi simbol dari ketabahan dan keuletan dalam hidup karena ikan lele mampu bertahan di air yang tenang maupun di dasar sungai. Ikan teri juga kerap disajikan pada hidangan nasi tumpeng karena memiliki makna kerukunan dan kebersamaan sebab selalu hidup bergerombol.

Sayur urab yang biasanya terdiri dari bayam, kangkung, taoge, kacang panjang dengan bumbu urab melambangkan banyak makna seperti sebagai pelindung, tumbuh, pemikiran yang baik untuk masa depan dan dapat menafkahi keluarga. Telur yang ada pada nasi tumpeng biasanya berupa telur rebus yang disajikan utuh dengan kulitnya yang memiliki makna jika semua tindakan harus direncanakan terlebih dahulu (dikupas) dan dikerjakan sesuai rencana.

Cabe merah pada nasi tumpeng biasanya akan dibentuk menjadi kelopak bunga dan kemudian diletakkan diatas nasi tumpeng. Hiasan cabe ini melambangkan api yang akan selalu memberikan penerangan dan akan bermanfaat untuk orang lain.

Pembuatan nasi tumpeng memang tergolong rumit karena harus dilengkapi dengan berbagai macam lauk pauk dan nasinya pun harus dibentuk menyerupai kerucut. Jika tidak sempat untuk membuat nasi tumpeng sendiri, Anda bisa pesan nasi tumpeng beserta lauk pauknya di jasa catering yang melayani pembuatan nasi tumpeng. Pembuatan nasi tumpeng dapat disesuaikan dengan jenis acara dan akan dibuatkan sebaik mungkin sesuai keinginan konsumen.

Saat ini, Anda pun bisa memesan nasi tumpeng di daerah sekitar tempat tinggal Anda ataupun secara online yang akan lebih memudahkan Anda dalam memesan nasi tumpeng untuk acara yang akan diselenggarakan. Misalnya untuk Anda yang berdomisili di Jakarta dapat mencari informasi pesan nasi tumpeng Jakarta maka akan banyak jasa catering terdekat yang menyediakan berbagai macam nasi tumpeng yang dapat Anda pilih.

 

Berita Terkait
Baca Juga:
jasa traffic web

Langkah-Langkah Untuk Meningkatkan Traffic Website Dan Blog

Tips      

23 Des 2019 | 151 FDT


Langkah-Langkah Untuk Meningkatkan Traffic Website Dan Blog - Semakin cepat dan pesatnya perkembangan teknologi, sekarang ini untuk mendapatkan berbagai informasi dapat dikatakan ...

Padahal Sudah Minum Cukup, tapi Kenapa Masih Dehidrasi? Kenali Penyebabnya

Padahal Sudah Minum Cukup, tapi Kenapa Masih Dehidrasi? Kenali Penyebabnya

Tips      

23 Mei 2020 | 55 Writer


Pernahkah kamu merasakan sudah cukup minum, tapi masih saja merasa kurang cairan (dehidrasi)? Kondisi tubuh yang dehidrasi ini biasanya ditandai dengan kulit yang tidak berkeringat, ...

Tips Mengenalkan Ibadah Pada Anak...

Tips Mengenalkan Ibadah Pada Anak...

Tips      

17 Mei 2020 | 52 Writer


Bulan Ramadhan, ini adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim sedunia. Bagaimana tidak, bulan ini adalah bulan istimewa dengan limpahan kasih sayang dari Allah. Allah akan ...

Dwi Larso Calon Kuat Rektor ITB

Dwi Larso Calon Kuat Rektor ITB

Nasional      

7 Okt 2019 | 152 FDT


Dwi Larso Calon Kuat Rektor ITB - Institut Teknologi Bandung (ITB) mengeluarkan daftar calon rektor, dari 34 orang pendaftar menjadi 30 orang  periode 2020-2025. Mereka berasal ...

Ayo, Kalahkan Keposesifan Kasur di Pagi Hari!

Ayo, Kalahkan Keposesifan Kasur di Pagi Hari!

Tips      

14 Mei 2020 | 58 Writer


Pagi hari memang adalah waktu yang segar dan menyenangkan untuk memulai hari. Segarnya udara pagi menambah semangat kita untuk memulai aktifitas rutin kita. Berangkat kerja, pergi ke ...

Obyek Wisata Indoor Di Jakarta Yang Menarik Untuk di Kunjungi

Obyek Wisata Indoor Di Jakarta Yang Menarik Untuk di Kunjungi

Pariwisata      

3 Jun 2020 | 97 FDT


Ingin pergi berwisata tetapi takut hujan datang tiba-tiba? Tak perlu khawatir, objek wisata indoor di Jakarta ini adalah solusinya. Tempat-tempat wisata ini bisa dikunjungi bersama keluarga ...